Beberapa Produk Kosmetik Berbahaya yang dilarang oleh BPOM

BPOM telah melarang peredaran 27 merk kosmetik, 15 diantaranya terbukti mengandung merkuri. Berikut kosmetik tersebut :

  1. Doctor Kayama whitening day cream
  2. Doctor Kayama night cream
  3. Blossom day cream
  4. Blossom night cream
  5. Cream malam
  6. Day cream Vit E Herbal
  7. Locos Anti flek Vit E dan herbal
  8. Night cream vit E Herbal
  9. Kosmetik Ibu Sari Cream
  10. Cream malam
  11. Meei Yung (putih)
  12. Meei Yung (kuning)
  13. New Rody special putih
  14. New Rody special kuning
  15. Shee Na whitening pearl cream

Kosmetik bermerkuri sebenarnya bukan barang baru. Beberapa dekade lalu, kosmetik ini telah ramai digunakan. Khasiatnya tidak tanggung-tanggung, memutihkan kulit gelap.

Orang yang berkulit gelap mempunyai zat warna (pigmen) kulit lebih banyak dibandingkan orang berkulit putih. Zat warna tersebut dikenal sebagai melanin.

Produksi melanin dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Itulah sebabnya, kalo kita sering terkena sinar matahari, kulit menjadi lebih gelap.

Melanin, bukannya tanpa manfaat. Pigmen ini membantu menahan sinar ultraviolet agar tidak merusak kulit. Seperti telah diketahui, sinar ultraviolet dapat mencetuskan timbulnya kanker kulit.

Walaupun melanin diciptakan dengan manfaat yang sangat besar, banyak orang tidak menyukainya. Pasalnya, membuat kulit mereka terlihat lebih gelap. Sehingga, menurut mereka, tampak kurang cantik.

Untuk itu digunakanlah kosmetik pemutih, yang kebanyakan mengandung merkuri. Unsur ini memang ampuh menghambat produksi melanin. Karena jumlah melanin kulit berkurang, maka kulit pun tampak lebih putih.

Mendapatkan kulit putih dengan kosmetik bermerkuri bukannya tanpa ‘tumbal’. Tumbal pertama adalah kulit sendiri. Merkuri yang dioleskan pada kulit akan bereaksi dengan sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit dini. Timbulnya pigmentasi (bintik hitam) mendorong penggunaan kosmetik bermerkuri lebih banyak lagi, akhirnya terjadilah lingkaran setan. Kemudian, karena struktur kulit dan produksi melanin terganggu, maka kulit rentan terkena kanker.

Tumbal kedua adalah organ tubuh yang mempunyai fungsi vital. Merkuri dapat merusak secara permanen organ saraf, ginjal, liver (hati), dll.

Tumbal ketiga adalah janin dalam kandungan. Jika pengguna dalam keadaan hamil, janin dapat mengalami gangguan berupa kerusakan otak dan kecacatan lainnya.

Karena besarnya bahaya kosmetik bermerkuri, maka lebih baik pikir berkali-kali, kemudian jangan menggunakan produk ini.

Sumber : wartamedika.com

Leave a comment